Silabus
Nama Madrasah :
Mata
Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Kelas / Semester :
1 /1
Unit/
Tema
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Indikator
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
Teknik
|
Bentuk
|
||||||||
My
name is
|
1.
Memahami dan merespon instruksi sangat
sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
2.
Mengungkapkan instruksi dan informasi
sangat sederhana dalam konteks kelas.
3.
Kemampuan membaca nyaring dan memahami
tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas.
4.
Kemampuan mengeja dan menyalin kata dan
tulisan bahasa Inggris sangat sederhana secara berterima dalam konteks kelas.
|
1. Mengidentifikasi
bunyi/lafal kata/frasa atau kalimat yang diucapkan.
2. Melafalkan
kata dengan benar, melakukan percakapan pendek dan sederhana.
3. Membaca
nyaring ungkapan perkenalan.
|
Kalimat-kalimat
menyebutkan nama sendiri
|
1. Menyebutkan
nama diri sendiri dengan benar.
2. Mampu
menjawab pertanyaan tentang perkenalan.
3. Mampu
berdialog secara sederhana.
4. Mampu
membaca teks sederhana dengan ‘pronunciation’ yang benar.
|
![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() |
Tanya
jawab
|
· lisan/
· tulisan
|
Buku
Lesson Time 1
|
|
Good
Morning
|
1.
Memahami dan merespon instruksi sangat
sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
2.
Mengungkapkan instruksi dan informasi
sangat sederhana dalam konteks kelas.
3.
Kemampuan membaca nyaring dan memahami
tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas.
4.
Kemampuan mengeja dan menyalin kata dan
tulisan bahasa Inggris sangat sederhana secara berterima dalam konteks kelas.
|
1. Mengidentifikasi
bunyi/lafal kata/frasa atau kalimat yang diucapkan.
2. Melafalkan
kata dengan benar, melakukan percakapan pendek dan sederhana.
3. Membaca
nyaring ungkapan salam.
|
Kalimat-kalimat
ucapan salam dan respon salam.
|
1. Mampu
menirukan kata salam.
2. Mampu
melafalkan kata salam dengan benar.
3. Mampu
menjawab salam dengan benar.
4. Mampu
mengucapkan salam dengan benar.
5. Mampu
berdialog secara sederhana.
6. Mampu
membaca teks sederhana dengan ‘pronunciation’ yang benar.
|
![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() |
Tanya
jawab
|
· lisan/
· tulisan
|
Buku
Lesson Time 1
|
|
Numbers
|
1.
Memahami dan merespon instruksi sangat
sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
2.
Mengungkapkan instruksi dan informasi
sangat sederhana dalam konteks kelas.
3.
Kemampuan membaca nyaring dan memahami
tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas.
4.
Kemampuan mengeja dan menyalin kata dan
tulisan bahasa Inggris sangat sederhana secara berterima dalam konteks kelas.
|
1. Mengidentifikasi
bunyi/lafal kata/frasa atau kalimat yang diucapkan.
2. Melafalkan
kata angka 1-10 dan 11-20
3. Membaca
nyaring dan memahami kata/frasa bahasa Inggris
|
Nama-nama
bilangan dalam bahasa Inggris dan kalimat-kalimat yang menyatakan jumlah
|
1. Mampu
menirukan ucapan angka 1-10 dan 11-20 dalam bahasa Inggris.
2. Mampu
menunjukkan angka sesuai dengan ucapan guru.
3. Mampu
mengucapkan angka 1-10 dan 11-20
4. Mampu
mengidentifikasi angka 1-10 dan 11-20
5. Mampu
menghitung jumlah benda dari 1-20
6. Mampu
membaca angka 1-20 dalam bahasa Inggris.
|
![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() |
Tanya
jawab
|
· lisan/
· tulisan
|
Buku
Lesson Time 1
|
|
Alphabet
|
1.
Memahami dan merespon instruksi sangat
sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
2.
Mengungkapkan instruksi dan informasi
sangat sederhana dalam konteks kelas.
3.
Kemampuan membaca nyaring dan memahami
tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas.
4.
Kemampuan mengeja dan menyalin kata dan
tulisan bahasa Inggris sangat sederhana secara berterima dalam konteks kelas.
|
1. Mengidentifikasi
bunyi/lafal kata/frasa atau kalimat yang diucapkan.
2. Melafalkan
huruf abjad dengan benar.
3. Membaca
nyaring huruf A sampai Z
|
Jenis-jenis
abjad dan nama-nama benda
|
1. Mampu
menirukan huruf alfabet dari A-Z
2. Mampu
mengucapkan huruf A sampai Z dengan
benar.
3. Mampu
membaca nyaring huruf A sampai Z dengan benar.
4. Mampu
membaca nama-nama benda yang diawali dengan huruf abjad A sampai Z dengan
‘pronunciation’ yang benar.
|
![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() |
Tanya
jawab
|
· lisan/
· tulisan
|
Buku
Lesson Time 1
|
|
Colours
|
1.
Memahami dan merespon instruksi sangat
sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
2.
Mengungkapkan instruksi dan informasi
sangat sederhana dalam konteks kelas.
3.
Kemampuan membaca nyaring dan memahami
tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas.
4.
Kemampuan mengeja dan menyalin kata dan
tulisan bahasa Inggris sangat sederhana secara berterima dalam konteks kelas.
|
1. Mengidentifikasi
bunyi/lafal kata/frasa atau kalimat yang diucapkan.
2. Melafalkan
kata warna dengan benar
3. Membaca
nyaring tentang warna.
|
Nama-nama
warna
|
1. Mampu
menirukan nama-nama warna.
2. Mampu
menunjukkan warna yang diucapkan guru.
3. Mampu
mengucapkan warna-warna.
4. Mampu
menjawab pertanyaan tentang warna.
5. Mampu
mambaca kata-kata tentang warna-warna benda yang ada di dalam kelas dengan
‘pronunciation’ yang benar.
|
![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() |
Tanya
jawab
|
· lisan/
· tulisan
|
Buku
Lesson Time 1
|
|
Fruits
|
1.
Memahami dan merespon instruksi sangat
sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
2.
Mengungkapkan instruksi dan informasi
sangat sederhana dalam konteks kelas.
3.
Kemampuan membaca nyaring dan memahami
tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas.
4.
Kemampuan mengeja dan menyalin kata dan
tulisan bahasa Inggris sangat sederhana secara berterima dalam konteks kelas.
|
1. Mengidentifikasi
bunyi/lafal kata/frasa atau kalimat yang diucapkan.
2. Melafalkan
nama-nama buah dengan benar.
3. Membaca
nyaring tentang nama buah.
4. Menulis
kata dengan ejaan yang benar.
|
Nama-nama
buah, kalimat-kalimat mengenai nama dan warna buah
|
1. Mampu
menirukan nama-nama buah.
2. Mampu
menunjukkan nama-nama buah dengan benar
3. Mampu
menyebutkan nama-nama buah menurut gambar.
4. Mampu
menjawab pertanyaan teman atau guru mengenai nama buah.
5. Mampu
membaca nyaring kata-kata mengenai nama-nama buah.
6. Mampu
mengenali warna-warna buah.
|
![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() |
Tanya
jawab
|
· lisan/
· tulisan
|
Buku
Lesson Time 1
|
Bandung, 9 Juli 2010
Mengetahui
Guru bidang studi
Kepala Madrasah
Silabus
Nama Madrasah :
Mata
Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Kelas / Semester :
1 /2
Unit/
Tema
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Indikator
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
Teknik
|
Bentuk
|
||||||||
Vegetables
|
1.
Memahami dan merespon instruksi sangat
sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
2.
Mengungkapkan instruksi dan informasi
sangat sederhana dalam konteks kelas.
3.
Kemampuan membaca nyaring dan memahami
tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas.
4.
Kemampuan mengeja dan menyalin kata dan
tulisan bahasa Inggris sangat sederhana secara berterima dalam konteks kelas.
|
1. Mengidentifikasi
bunyi/lafal kata/frasa atau kalimat yang diucapkan.
2. Melafalkan
nama-nama sayuran dengan benar.
3. Membaca
nyaring nama-nama sayuran.
4. Menulis
kata dengan ejaan yang benar.
|
Nama-nama
sayuran, kalimat-kalimat mengenai sayuran
|
1. Mampu
menirukan nama-nama sayuran.
2. Mampu
menunjukkan nama-nama sayuran dengan benar
3. Mampu
menyebutkan nama-nama buah menurut gambar.
4. Mampu
menjawab pertanyaan teman atau guru mengenai nama sayuran.
5. Mampu
membaca nyaring kata-kata mengenai nama-nama sayuran.
6. Mampu
menulis kata-kata mengenai nama-nama sayuran.
|
![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() |
Tanya
jawab
|
· lisan/
· tulisan
|
Buku
Lesson Time 1
|
|
Animals
|
1.
Memahami dan merespon instruksi sangat
sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
2.
Mengungkapkan instruksi dan informasi
sangat sederhana dalam konteks kelas.
3.
Kemampuan membaca nyaring dan memahami
tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas.
4.
Kemampuan mengeja dan menyalin kata dan
tulisan bahasa Inggris sangat sederhana secara berterima dalam konteks kelas.
|
1. Mengidentifikasi
bunyi/lafal kata/frasa atau kalimat yang diucapkan.
2. Melafalkan
nama-nama binatang dengan benar.
3. Membaca
nyaring tentang nama binatang.
4. Menulis
kata dengan ejaan yang benar.
|
Nama-nama
binatang, kalimat-kalimat mengenai nama-nama binatang
|
1. Mampu
menirukan nama-nama binatang.
2. Mampu
menunjukkan nama-nama binatang dengan benar
3. Mampu
menyebutkan nama-nama binatang menurut gambar.
4. Mampu
menjawab pertanyaan teman atau guru mengenai nama binatang.
5. Mampu
membaca nyaring kata-kata mengenai nama-nama binatang.
6. Mampu
mencocokkan gambar dengan kata-kata tentang binatang.
|
![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() |
Tanya
jawab
|
· lisan/
· tulisan
|
Buku
Lesson Time 1
|
|
Things
in the House
|
1.
Memahami dan merespon instruksi sangat
sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
2.
Mengungkapkan instruksi dan informasi
sangat sederhana dalam konteks kelas.
3.
Kemampuan membaca nyaring dan memahami
tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas.
4.
Kemampuan mengeja dan menyalin kata dan
tulisan bahasa Inggris sangat sederhana secara berterima dalam konteks kelas.
|
1. Mengidentifikasi
bunyi/lafal kata/frasa atau kalimat yang diucapkan.
2. Melafalkan
nama-nama benda di dalam rumah dengan benar.
3. Membaca
nyaring tentang nama-nama benda di dalam rumah.
4. Menulis
kata dengan ejaan yang benar.
|
Nama-nama
benda di dalam rumah, kalimat-kalimat mengenai nama-nama benda di dalam rumah
|
1. Mampu
menirukan nama-nama benda di dalam rumah.
2. Mampu
menunjukkan nama-nama benda di dalam rumah dengan benar.
3. Mampu
menyebutkan nama-nama benda di dalam rumah menurut gambar.
4. Mampu
menjawab pertanyaan teman atau guru mengenai nama-nama benda di dalam rumah.
5. Mampu
membaca nyaring kata-kata mengenai nama-nama benda di dalam rumah.
|
![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() |
Tanya
jawab
|
· lisan/
· tulisan
|
Buku
Lesson Time 1
|
|
Parts
of the House
|
1.
Memahami dan merespon instruksi sangat
sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
2.
Mengungkapkan instruksi dan informasi
sangat sederhana dalam konteks kelas.
3.
Kemampuan membaca nyaring dan memahami
tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas.
4.
Kemampuan mengeja dan menyalin kata dan
tulisan bahasa Inggris sangat sederhana secara berterima dalam konteks kelas.
|
1. Mengidentifikasi
bunyi/lafal kata/frasa atau kalimat yang diucapkan.
2. Melafalkan
nama-nama benda di dalam rumah dengan benar.
3. Membaca
nyaring tentang nama-nama bagian rumah.
4. Menulis
kata dengan ejaan yang benar.
|
Nama-nama
bagian rumah, kalimat-kalimat mengenai nama-nama bagian rumah
|
1. Mampu
menirukan nama-nama bagian rumah.
2. Mampu
menunjukkan nama-nama bagian rumah dengan benar.
3. Mampu
menyebutkan nama-nama bagian rumah menurut gambar.
4. Mampu
menjawab pertanyaan teman atau guru mengenai nama-nama bagian rumah.
5. Mampu
membaca nyaring kata-kata mengenai nama-nama bagian rumah.
|
![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() |
Tanya
jawab
|
· lisan/
· tulisan
|
Buku
Lesson Time 1
|
|
In
my Classroom
|
1.
Memahami dan merespon instruksi sangat
sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
2.
Mengungkapkan instruksi dan informasi
sangat sederhana dalam konteks kelas.
3.
Kemampuan membaca nyaring dan memahami
tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas.
4.
Kemampuan mengeja dan menyalin kata dan
tulisan bahasa Inggris sangat sederhana secara berterima dalam konteks kelas.
|
1. Mengidentifikasi
bunyi/lafal kata/frasa atau kalimat yang diucapkan.
2. Melafalkan
nama-nama benda di dalam ruang kelas dengan benar.
3. Membaca
nyaring tentang nama-nama benda di dalam ruang kelas.
4. Menulis
kata dengan ejaan yang benar.
|
Nama-nama
benda di dalam ruang kelas, kalimat-kalimat mengenai nama-nama benda di dalam
ruang kelas.
|
1. Mampu
menirukan nama-nama benda di dalam ruang kelas.
2. Mampu
menunjukkan nama-nama benda di dalam ruang kelas dengan benar.
3. Mampu
menyebutkan nama-nama benda di dalam ruang kelas menurut gambar.
4. Mampu
menjawab pertanyaan teman atau guru mengenai nama-nama benda di dalam ruang
kelas.
5. Mampu
membaca nyaring kata-kata mengenai nama-nama benda di dalam ruang kelas.
|
![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() |
Tanya
jawab
|
· lisan/
· tulisan
|
Buku
Lesson Time 1
|
|
Days
of the Week
|
1.
Memahami dan merespon instruksi sangat
sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
2.
Mengungkapkan instruksi dan informasi
sangat sederhana dalam konteks kelas.
3.
Kemampuan membaca nyaring dan memahami
tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas.
4.
Kemampuan mengeja dan menyalin kata dan
tulisan bahasa Inggris sangat sederhana secara berterima dalam konteks kelas.
|
1. Mengidentifikasi
bunyi/lafal kata/frasa atau kalimat yang diucapkan.
2. Melafalkan
nama-nama hari dengan benar dalam bahasa Inggris.
3. Membaca
nyaring tentang nama-nama hari.
4. Menulis
kata dengan ejaan yang benar.
|
Nama-nama
hari, kalimat-kalimat mengenai nama-nama hari
|
1. Mampu
menyimak kata-kata mengenai nama-nama hari.
2. Mampu
menirukan nama-nama hari.
3. Mengidentifikasi
nama-nama hari dalam satu minggu.
4. Mampu
mengucapkan nama-nama hari dengan intonasi yang tepat.
5. Mampu
bertanya jawab secara sederhana mengenai nama hari.
|
![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() |
Tanya
jawab
|
· lisan/
· tulisan
|
Buku
Lesson Time 1
|
Bandung, 9 Juli 2010
Mengetahui
Guru bidang studi
Kepala Madrasah
izin copas yaa....
BalasHapus