Jumat, 31 Oktober 2014

SILABUS BAHASA INGGRIS KELAS 1 SD


                                                                                                                         Silabus


Nama Madrasah              :
Mata Pelajaran                : BAHASA INGGRIS
Kelas / Semester            : 1 /1


Unit/
Tema
Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

      Materi Pokok
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk

My
name is



1. Memahami dan merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
2. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas.
3. Kemampuan membaca nyaring dan memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas.
4. Kemampuan mengeja dan menyalin kata dan tulisan bahasa Inggris sangat sederhana secara berterima dalam konteks kelas.
1. Mengidentifikasi bunyi/lafal kata/frasa atau kalimat yang diucapkan.
2. Melafalkan kata dengan benar, melakukan percakapan pendek dan sederhana.
3. Membaca nyaring ungkapan perkenalan.

Kalimat-kalimat menyebutkan nama sendiri
1. Menyebutkan nama diri sendiri dengan benar.
2. Mampu menjawab pertanyaan tentang perkenalan.
3. Mampu berdialog secara sederhana.
4. Mampu membaca teks sederhana dengan ‘pronunciation’ yang benar.

*    mendengar dan mengulangi kalimat-kalimat memperkenalkan nama sendiri.
*    menyalin kata-kata dan membaca nyaring kata-kata tersebut.
*    menyebutkan nama mereka.
*    mendengarkan dan mengulangi kalimat-kalimat bertanya jawab mengenai nama pribadi.
*    menyalin dan membaca kalimat-kalimat.
*    bertanya jawab mengenai nama pribadi

Tanya jawab
·   lisan/
·   tulisan


Buku Lesson Time 1

Good Morning
1. Memahami dan merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
2. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas.
3. Kemampuan membaca nyaring dan memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas.
4. Kemampuan mengeja dan menyalin kata dan tulisan bahasa Inggris sangat sederhana secara berterima dalam konteks kelas.

1. Mengidentifikasi bunyi/lafal kata/frasa atau kalimat yang diucapkan.
2. Melafalkan kata dengan benar, melakukan percakapan pendek dan sederhana.
3. Membaca nyaring ungkapan salam.

Kalimat-kalimat ucapan salam dan respon salam.

1. Mampu menirukan kata salam.
2. Mampu melafalkan kata salam dengan benar.
3. Mampu menjawab salam dengan benar.
4. Mampu mengucapkan salam dengan benar.
5. Mampu berdialog secara sederhana.
6. Mampu membaca teks sederhana dengan ‘pronunciation’ yang benar.
*    Siswa mendengar dan mengulangi kata-kata yang menunjukkan jenis-jenis waktu.
*    mewarnai gambar.
*    mendengarkan dan mengulangi kalimat-kalimat yang berisi ungkapan–ungkapan salam.
*    menyalin dan membaca kalimat-kalimat.
*    belajar saling memberi salam dengan teman sebangku.
*    menyanyikan lagu ‘morning star’.


Tanya jawab
·   lisan/
·   tulisan


Buku Lesson Time 1

Numbers
1. Memahami dan merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
2. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas.
3. Kemampuan membaca nyaring dan memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas.
4. Kemampuan mengeja dan menyalin kata dan tulisan bahasa Inggris sangat sederhana secara berterima dalam konteks kelas.

1. Mengidentifikasi bunyi/lafal kata/frasa atau kalimat yang diucapkan.
2. Melafalkan kata angka 1-10 dan 11-20
3. Membaca nyaring dan memahami kata/frasa bahasa Inggris

Nama-nama bilangan dalam bahasa Inggris dan kalimat-kalimat yang menyatakan jumlah

1. Mampu menirukan ucapan angka 1-10 dan 11-20 dalam bahasa Inggris.
2. Mampu menunjukkan angka sesuai dengan ucapan guru.
3. Mampu mengucapkan angka 1-10 dan 11-20
4. Mampu mengidentifikasi angka 1-10 dan 11-20
5. Mampu menghitung jumlah benda dari 1-20
6. Mampu membaca angka 1-20 dalam bahasa Inggris.
*    mendengar dan mengulangi nama-nama bilangan 1-10 dalam bahasa Inggris.
*    mendengar dan menunjukkan angka yang diucapkan guru.
*    menyalin nama-nama bilangan dalam bahasa Inggris.
*    menulis nama-nama bilangan.
*    mengucapkan bilangan-bilangan dalan bahasa Inggris.
*    mendengar dan mengulangi nama-nama bilangan 11-20 dalam bahasa Inggris.
*    mendengar dan menunjukkan angka yang diucapkan guru.
*    menyalin nama-nama bilangan dalam bahasa Inggris.
*    menghitung jumlah benda dan menuliskan bilangannya.
*    mendengarkan dan mengulangi kalimat-kalimat bertanya jawab mengenai bilangan.
*    bertanya jawab mengenai bilangan.
*    menyanyikan lagu ‘one, two’.
Tanya jawab
·   lisan/
·   tulisan


Buku Lesson Time 1

Alphabet
1. Memahami dan merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
2. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas.
3. Kemampuan membaca nyaring dan memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas.
4. Kemampuan mengeja dan menyalin kata dan tulisan bahasa Inggris sangat sederhana secara berterima dalam konteks kelas.

1. Mengidentifikasi bunyi/lafal kata/frasa atau kalimat yang diucapkan.
2. Melafalkan huruf abjad dengan benar.
3. Membaca nyaring huruf A sampai Z

Jenis-jenis abjad dan nama-nama benda

1. Mampu menirukan huruf alfabet dari A-Z
2. Mampu mengucapkan huruf A sampai  Z dengan benar.
3. Mampu membaca nyaring huruf A sampai Z dengan benar.
4. Mampu membaca nama-nama benda yang diawali dengan huruf abjad A sampai Z dengan ‘pronunciation’ yang benar.
*    mendengar dan mengulangi cara-cara pengucapan abjad dalam bahasa Inggris.
*    mendengar dan menunjukkan abjad yang diucapkan guru.
*    mengenai abjad pertama dari beberapa kata.
*    Siswa melengkapi beberapa kata dengan satu abjad yang hilang.
*    mendengarkan dan mengulangi kalimat-kalimat bertanya jawab mengenai nama-nama abjad.
*    bertanya jawab mengenai nama-nama abjad.
*    mewarnai gambar abjad A-Z.
Tanya jawab
·   lisan/
·   tulisan


Buku Lesson Time 1


Colours
1. Memahami dan merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
2. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas.
3. Kemampuan membaca nyaring dan memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas.
4. Kemampuan mengeja dan menyalin kata dan tulisan bahasa Inggris sangat sederhana secara berterima dalam konteks kelas.

1. Mengidentifikasi bunyi/lafal kata/frasa atau kalimat yang diucapkan.
2. Melafalkan kata warna dengan benar
3. Membaca nyaring tentang warna.

Nama-nama warna

1. Mampu menirukan nama-nama warna.
2. Mampu menunjukkan warna yang diucapkan guru.
3. Mampu mengucapkan warna-warna.
4. Mampu menjawab pertanyaan tentang warna.
5. Mampu mambaca kata-kata tentang warna-warna benda yang ada di dalam kelas dengan ‘pronunciation’ yang benar.
*    mendengar dan mengulangi guru mengucapkan nama-nama warna dalam bahasa Inggris.
*    menyalin kata-kata warna dan membacanya.
*    melengkapi frasa-frasa dengan kata-kata warna.
*    mendengarkan dan mengulangi kalimat-kalimat bertanya jawab mengenai nama-nama warna.
*    bertanya jawab mengenai nama-nama warna.
*    mewarnai gambar-gambar sesuai dengan petunjuk yang diberikan.
Tanya jawab
·   lisan/
·   tulisan


Buku Lesson Time 1

Fruits
1. Memahami dan merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
2. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas.
3. Kemampuan membaca nyaring dan memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas.
4. Kemampuan mengeja dan menyalin kata dan tulisan bahasa Inggris sangat sederhana secara berterima dalam konteks kelas.

1. Mengidentifikasi bunyi/lafal kata/frasa atau kalimat yang diucapkan.
2. Melafalkan nama-nama buah dengan benar.
3. Membaca nyaring tentang nama buah.
4. Menulis kata dengan ejaan yang benar.

Nama-nama buah, kalimat-kalimat mengenai nama dan warna buah

1. Mampu menirukan nama-nama buah.
2. Mampu menunjukkan nama-nama buah dengan benar
3. Mampu menyebutkan nama-nama buah menurut gambar.
4. Mampu menjawab pertanyaan teman atau guru mengenai nama buah.
5. Mampu membaca nyaring kata-kata mengenai nama-nama buah.
6. Mampu mengenali warna-warna buah.

*    memperhatikan gambar-gambar buah.
*    menyalin nama-nama buah.
*    mendengar dan mengulangi guru mengucapkan nama-nama buah dalam bahasa Inggris.
*    menyalin kata-kata warna dan membacanya.
*    mendengarkan dan mengulangi kalimat-kalimat mengenai nama-nama buah.
*    menyebutkan nama-nama buah.
*    mendengarkan dan mengulangi kalimat-kalimat mengenai warna-warna buah.
*    melengkapi kalimat-kalimat mengenai warna-warna buah.
*    mewarnai gambar buah-buahan.
*    mengisi TTS mengenai nama-nama buah.
*    menyanyikan lagu ‘fruits’
Tanya jawab
·   lisan/
·   tulisan


Buku Lesson Time 1

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                       

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                         Bandung,   9 Juli 2010                                                              
                   Mengetahui                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                         
                                                                                                                                 Guru bidang studi
               Kepala Madrasah

             __________________                                                                                    ___________________                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                        

 

 









                                                                                                          Silabus


Nama Madrasah              :
Mata Pelajaran                : BAHASA INGGRIS
Kelas / Semester            : 1 /2

Unit/
Tema
Standar Kompetensi

  Kompetensi       Dasar

Materi Pokok
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk
Vegetables
1. Memahami dan merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
2. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas.
3. Kemampuan membaca nyaring dan memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas.
4. Kemampuan mengeja dan menyalin kata dan tulisan bahasa Inggris sangat sederhana secara berterima dalam konteks kelas.

1. Mengidentifikasi bunyi/lafal kata/frasa atau kalimat yang diucapkan.
2. Melafalkan nama-nama sayuran dengan benar.
3. Membaca nyaring nama-nama sayuran.
4. Menulis kata dengan ejaan yang benar.

Nama-nama sayuran, kalimat-kalimat mengenai sayuran

1. Mampu menirukan nama-nama sayuran.
2. Mampu menunjukkan nama-nama sayuran dengan benar
3. Mampu menyebutkan nama-nama buah menurut gambar.
4. Mampu menjawab pertanyaan teman atau guru mengenai nama sayuran.
5. Mampu membaca nyaring kata-kata mengenai nama-nama sayuran.
6. Mampu menulis kata-kata mengenai nama-nama sayuran.
*    Siswamemperhatikan gambar-gambar sayuran.
*    menyalin nama-nama sayuran.
*    menulis nama-nama sayuran sesuai dengan gambar.
*    mendengar dan mengulangi guru mengucapkan kalimat-kalimat menyatakan rasa suka terhadap sayuran.
*    belajar menyatakan rasa suka terhadap beberapa jenis sayuran.
*    mewarnai gambar sayur-sayuran.
*    mengisi TTS mengenai nama-nama sayuran.
Tanya jawab
·   lisan/
·   tulisan


Buku Lesson Time 1

Animals
1. Memahami dan merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
2. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas.
3. Kemampuan membaca nyaring dan memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas.
4. Kemampuan mengeja dan menyalin kata dan tulisan bahasa Inggris sangat sederhana secara berterima dalam konteks kelas.

1. Mengidentifikasi bunyi/lafal kata/frasa atau kalimat yang diucapkan.
2. Melafalkan nama-nama binatang dengan benar.
3. Membaca nyaring tentang nama binatang.
4. Menulis kata dengan ejaan yang benar.
Nama-nama binatang, kalimat-kalimat mengenai nama-nama binatang

1. Mampu menirukan nama-nama binatang.
2. Mampu menunjukkan nama-nama binatang dengan benar
3. Mampu menyebutkan nama-nama binatang menurut gambar.
4. Mampu menjawab pertanyaan teman atau guru mengenai nama binatang.
5. Mampu membaca nyaring kata-kata mengenai nama-nama binatang.
6. Mampu mencocokkan gambar dengan kata-kata tentang binatang.
*    memperhatikan gambar-gambar binatang.
*    mendengar dan mengulangi guru mengucapkan nama-nama binatang di dalam gambar dalam bahasa Inggris.
*    menyalin nama-nama binatang.
*    mendengarkan dan mengulangi kalimat-kalimat mengenai nama-nama binantang.
*    menyebutkan nama-nama binatang dengan menggunakan struktur ‘this is a/an …’.
*    mengisi TTS mengenai nama-nama binatang.
*    mewarnai gambar binatang-binatang laut.
Tanya jawab
·   lisan/
·   tulisan


Buku Lesson Time 1

Things in the House
1. Memahami dan merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
2. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas.
3. Kemampuan membaca nyaring dan memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas.
4. Kemampuan mengeja dan menyalin kata dan tulisan bahasa Inggris sangat sederhana secara berterima dalam konteks kelas.

1. Mengidentifikasi bunyi/lafal kata/frasa atau kalimat yang diucapkan.
2. Melafalkan nama-nama benda di dalam rumah dengan benar.
3. Membaca nyaring tentang nama-nama benda di dalam rumah.
4. Menulis kata dengan ejaan yang benar.

Nama-nama benda di dalam rumah, kalimat-kalimat mengenai nama-nama benda di dalam rumah

1. Mampu menirukan nama-nama benda di dalam rumah.
2. Mampu menunjukkan nama-nama benda di dalam rumah dengan benar.
3. Mampu menyebutkan nama-nama benda di dalam rumah menurut gambar.
4. Mampu menjawab pertanyaan teman atau guru mengenai nama-nama benda di dalam rumah.
5. Mampu membaca nyaring kata-kata mengenai nama-nama benda di dalam rumah.
*    memperhatikan gambar sebuah ruang tamu.
*    mendengar dan mengulangi guru mengucapkan nama-nama benda yang ada di ruang tamu tersebut.
*    menyalin beberapa nama benda di dalam rumah.
*    menulis beberapa nama benda sesuai dengan gambar.
*    mendengarkan dan mengulangi kalimat-kalimat bertanya jawab mengenai nama-nama benda.
*    menyalin kalimat-kalimat bertanya jawab mengenai nama-nama benda.
*    membaca kalimat-kalimat bertanya jawab dengan teman sebangku.
*    bertanya jawab mengenai nama-nama benda dengan teman sebangku.
*    menyanyikan lagu ‘polly put the kettle on’.
Tanya jawab
·   lisan/
·   tulisan


Buku Lesson Time 1

Parts of the House
1. Memahami dan merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
2. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas.
3. Kemampuan membaca nyaring dan memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas.
4. Kemampuan mengeja dan menyalin kata dan tulisan bahasa Inggris sangat sederhana secara berterima dalam konteks kelas.

1. Mengidentifikasi bunyi/lafal kata/frasa atau kalimat yang diucapkan.
2. Melafalkan nama-nama benda di dalam rumah dengan benar.
3. Membaca nyaring tentang nama-nama bagian rumah.
4. Menulis kata dengan ejaan yang benar.


Nama-nama bagian rumah, kalimat-kalimat mengenai nama-nama bagian rumah

1. Mampu menirukan nama-nama bagian rumah.
2. Mampu menunjukkan nama-nama bagian rumah dengan benar.
3. Mampu menyebutkan nama-nama bagian rumah menurut gambar.
4. Mampu menjawab pertanyaan teman atau guru mengenai nama-nama bagian rumah.
5. Mampu membaca nyaring kata-kata mengenai nama-nama bagian rumah.
*    memperhatikan gambar denah sebuah rumah.
*    menyalin beberapa nama-nama bagian rumah.
*    mencocokkan gambar dengan nama-nama bagian rumah.
*    mendengar dan mengulangi guru mengucapkan kalimat-kalimat berstruktur ‘there is a …in the…’
*    menyalin kalimat-kalimat dan membacanya.
*    melihat gambar ruang tidur dan melabeli benda-benda di dalamnya.
*    mewarnai gambar rumah.
Tanya jawab
·   lisan/
·   tulisan


Buku Lesson Time 1

In my Classroom
1. Memahami dan merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
2. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas.
3. Kemampuan membaca nyaring dan memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas.
4. Kemampuan mengeja dan menyalin kata dan tulisan bahasa Inggris sangat sederhana secara berterima dalam konteks kelas.

1. Mengidentifikasi bunyi/lafal kata/frasa atau kalimat yang diucapkan.
2. Melafalkan nama-nama benda di dalam ruang kelas dengan benar.
3. Membaca nyaring tentang nama-nama benda di dalam ruang kelas.
4. Menulis kata dengan ejaan yang benar.

Nama-nama benda di dalam ruang kelas, kalimat-kalimat mengenai nama-nama benda di dalam ruang kelas.

1. Mampu menirukan nama-nama benda di dalam ruang kelas.
2. Mampu menunjukkan nama-nama benda di dalam ruang kelas dengan benar.
3. Mampu menyebutkan nama-nama benda di dalam ruang kelas menurut gambar.
4. Mampu menjawab pertanyaan teman atau guru mengenai nama-nama benda di dalam ruang kelas.
5. Mampu membaca nyaring kata-kata mengenai nama-nama benda di dalam ruang kelas.

*    memperhatikan gambar sebuah ruang kelas.
*    mendengar dan mengulangi guru mengucapkan nama-nama benda yang ada di ruang kelas tersebut.
*    menyalin beberapa nama benda yang sering dijumpai di dalam ruang kelas.
*    menulis beberapa nama benda sesuai dengan gambar.
*    mendengarkan dan mengulangi kalimat-kalimat berstruktur ‘This is a/an …’ berkenaan dengan nama-nama benda di dalam kelas.
*    Siswa menyebutkan nama-nama beberapa benda dengan menggunakan struktur ‘This is a/an …’.
*    mendengarkan dan mengulangi kalimat-kalimat bertanya jawab dengan struktur ‘is this a/an …? dan jawaban ‘Yes, it is’ berkenaan dengan nama-nama benda di dalam kelas.
*    menyalin kalimat-kalimat bertanya jawab mengenai nama-nama benda di dalam kelas.
*    membaca kaliamat-kalimat bertanya jawab dengan teman sebangku.
*    mendengarkan dan mengulangi kalimat-kalimat bertanya jawab dengan struktur ‘Is this a/an …? dan jawaban ‘No, it is not’ berkenaan dengan nama-nama benda di dalam kelas.
*    menyalin kalimat-kalimat bertanya jawab mengenai nama-nama benda di dalam kelas.
*    membaca kalimat-kalimat bertanya jawab dengan teman sebangku.
Tanya jawab
·   lisan/
·   tulisan


Buku Lesson Time 1

Days of the Week
1. Memahami dan merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
2. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas.
3. Kemampuan membaca nyaring dan memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas.
4. Kemampuan mengeja dan menyalin kata dan tulisan bahasa Inggris sangat sederhana secara berterima dalam konteks kelas.

1. Mengidentifikasi bunyi/lafal kata/frasa atau kalimat yang diucapkan.
2. Melafalkan nama-nama hari dengan benar dalam bahasa Inggris.
3. Membaca nyaring tentang nama-nama hari.
4. Menulis kata dengan ejaan yang benar.


Nama-nama hari, kalimat-kalimat mengenai nama-nama hari

1. Mampu menyimak kata-kata mengenai nama-nama hari.
2. Mampu menirukan nama-nama hari.
3. Mengidentifikasi nama-nama hari dalam satu minggu.
4. Mampu mengucapkan nama-nama hari dengan intonasi yang tepat.
5. Mampu bertanya jawab secara sederhana mengenai nama hari.

*    memperhatikan gambar berisi nama-nama hari.
*    mendengar dan mengulangi guru mengucapkan nama-nama hari dalam bahasa Inggris.
*    menyalin nama-nama hari.
*    melengkapi nama-nama hari dalam satu minggu.
*    mendengarkan dan mengulangi kalimat-kalimat mengenai nama-nama hari.
*    melengkapi kalimat-kalimat mengenai nama-nama hari.
*    mendengarkan dan mengulangi kalimat-kalimat bertanya jawab mengenai nama-nama hari.
*    bertanya jawab mengenai nama-nama hari dengan teman sebangku.
*    mewarnai gambar kalender dan melengkapi informasi di dalamnya.
*    menyanyikan lagu ‘seven days in every week’
Tanya jawab
·   lisan/
·   tulisan


Buku Lesson Time 1



                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                     Bandung,   9 Juli 2010                                                              
                   Mengetahui                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                         
                                                                                                                                 Guru bidang studi
               Kepala Madrasah

             __________________                                                                            ___________________                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                        







1 komentar: